Senin, 31 Oktober 2011


3. Teldik
Teldik adalah alat menangkap ikan di air yang dangkal seperti taliair persawahan, tambak, alur atau irigasi. Biasanya gagangnya batang pimping. Panjangnya paling setinggi dada, katakanlah seukuran tiang pagar. Indahnya waktu ujungnya dicolokkan kedasar air gagang masih dapat dipegang, setidaknya masih dapat bungkuk atau jongkok.
Menunggu aba-aba gagang kita sandarkan ke apa saja untuk tidak rebah. Bila perlu dipegang gagang terletak bebas diantara pangkal ibu jari dengan telunjuk. Katakanlah seperti memegang pinsil waktu istirahat menulis. Setelah gagang terlihat menggeletar baru kita tarik dengan sentakan. Mungkin saja dua tiga ekor sekali kena. Biasa pula lepas di udara dan jatuh ke tanah.  Kalau kalah cepat maka ada yang menggelepar-gelepar bergulir kembali jatuh kedalam air.
Apakah umpannya? Cacing dicucuk dengan benang sepanjang tubuhnya melaluiperut, sedikit dikedut-kedut. Setelah lebih kurang sepanjang ikat pingang barudigulung kedua atau ketiga jari tangan sehingga berbentuk bulat, bayangkan kue donat. Gulungan ini kita ikatkan diujung gagang. Ikan lokot sangat menyukainya. Kalau menangkap di air mengalir kita mulai dari hulu agar ika yang dihilir teransang dengan bau. Setelah upaya selesai teldek ditinggalkan begitu saja.
            Kutetah Teldik Batangni Telbuh
            Kase Siro Beluh Aku Ku Ume
            Gulepe Kedik Sentan Metuh
            Ini Betul Songoh Rejekipe Mede
            Keloang Tikik Angkap Siro Basuh
            Terbayang Pembubuh Kase Kune Die

Tidak ada komentar:

Posting Komentar